Mengenal Aspek dan Manfaat Analisis SWOT Sebagai Strategi Jitu Dalam Membangun Usaha/Bisnis

Buat Info -  Mengenal Aspek dan Manfaat Analisis SWOT


BuatInfo.com - Seperti yang sudah pernah kami tulis pada beberapa artikel sebelumnya tentang analisis SWOT sebagai strategi pemasaran konveksi. Bisa kita simpulkan bahwa analisis ini cukup berdampak sigfinikan terhadap perkembangan usaha yang kita jalani. Mengingat dengan menggunakan metode analisis SWOT, kita bisa mengetahui apa yang menjadi kekuatan dan kelemehan dari usaha yang kita jalani, dan sedapa mungkin mengambila peluang serta meminimalisisr ancaman.


Analisis SWOT sendiri merupakan salah satu metode analisa yang dilakukan secara strategis sebagai dasar dalam membuat perencanaan terhadap usaha yang akan atau sedang dijalankan. Metode ini terdiri dari beberapa aspek penting yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan analisa. Dimana aspek tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu aspek internal yaitu kekuatan (strengths), Kelemahan (Weaknesses), aspek eksternal yaitu Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats).


4 Aspek Dalam Analisis SWOT

Sebelum kita melangkah jauh untuk membuat analisis SWOT, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa dan seperti apa aspek penting dalam analisis SWOT itu sendiri. Hal ini untuk mempermudahkan kita dalam melakukan analisis SWOT yang tepat dan benar.

Aspek Internal

- Aspek kekuatan (strengths)

Merupakan aspek internal sebagai karakteristik usaha yang memiliki keunggulan lain lebih dominan dari kompetitor dan kebutuhan pasar. Jadi, kekuatan merupakan kompetensi khusus yang dapat memberikan keunggulan koparatif dari yang lain.

Contoh: sumber daya kreatif, modal, relasi, lokasi strategis, aset fisik, dan memiliki reputasi yang baik.

- Aspek kelemahan (weaknesses)

Merupakan aspek internal namun kebalikan dari aspek kekuatan di atas. Aspek kelemahan ini sebagai karakteristik usaha yang memposisikan usaha pada posisi tidak menguntungkan bahkan cenderung berdampak merugikan.

Contoh: kurangnya ketersediaan aset fisik, sumber daya, material, dan celah pada tim.

Aspek Ekternal

- Aspek Peluang (opportunities)

Merupakan aspek eksternal yang dapat memberikan kontribusi lebih terhadap kelancaran usaha dan bisa dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan.

Contoh: lokasi strategis, kesempatan promosi, perkembangan ekonomi daerah, dan meningkatnya jumlah kebutuhan pasar.

- Aspek Ancaman (threats)

Sama halnya dengan aspek peluang, ancaman juga merupakan aspek eksternal yang dapat memperlambat jalannya usaha.

Contoh: seperti melemahnya pangsa pasar, perubahan politik, teknologi, dan menurunnya minat konsumen.


Jika dari kedua aspek yang tersebut di atas sudah dapat kita kenali, maka bukan tidak mungkin lagi bagi kita untuk bisa menjalankan metode analisis SWOT ini. Sehingga dapat memanfaatkan analisis SWOT sebagai strategi jitu dalam membangun usaha/bisnis yang dijalani.


Manfaat Analisis SWOT

Seperti yang telah tersebutkan di atas bahwa analisis SWOT ini memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap kemajuan usaha/bisnis yang kita jalankan. Selama langkah-langkah yang dijalankan sudah tepat dengan memperhatikan 4 aspek yang tersebut di atas. Adapun beberapa manfaat dari analisis SWOT diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Mengatasi masalah internal

Setiap usaha/bisnis tentunya akan mengalami masalah, tidak terkecuali. Begitu juga dengan usaha yang kita jalankan tidak akan terhindar dari masalah. Baik itu masalah eksternal maupun internal. Tapi, dengan menerapkan analisis SWOT, setiap masalah yang sedang atau akan kita hadapi dapat dengan mudah teratasi. Karena dengan hasil analisis SWOT kita dapat menemukan hambata-hambatan internal yang bisa segera mungkin kita atasi.


2. Usaha semakin berkembang

Analisis SWOT membantu kita dalam menemukan strategi yang tepat guna mencapai sebuah tujuan dengan memperhatikan aspek internal maupun eksternal. Sehingga dengan begitu upaya untuk mengembangkan usaha/bisnis bisa berjalan dengan mudah.


3. Menciptakan inovasi baru

Perusahaan yang telah berkembang tentunya dapat menciptakan inovasi-inovasi baru, khususnya pada produk yang dipasarkan. Kemunculan kompetitor baru setiap tahunnya dapat menjadi ancaman terhadap usaha/bisnis yang dijalankan. Sehingga untuk tetap bertahan harus sedapat mungkin menciptakan inovasi baru, baik dari strategi pemasaran maupun produk yang dipasarkan. Dan untuk menciptakan inovasi baru tersebut diperlukan yang namanya hasil riset dari faktor eksternal, dan itu bisa kita dapatkan dari penggunaan analisis SWOT.


4. Rencana pemasaran yang tepat

Terpenuhinya target pemasaran akan membuat usaha yang dijalankan terus berkembang. Dan manfaat lain dari analisis SWOT, yaitu memberikan rencana pemasaran yang tepat dengan pertimbangan beberapa pertimbangan seperti modal, demografi konsumen, serta strategi kompetitor.


5. Memberikan strategi bertahan dan berkembang

Seperti yang kita ketahui bahwa pelaku usah/bisnis yang mampu bertahan adalah mereka yang dapat beradaptasi dengan segala bentuk perubahan, seperti perubahan ekonomi, tren, sosial, dan perubahan lainnya. Nah, disinilah peran analisis SWOT kita butuhkan, karena dapat memberikan gambaran kondisi usaha/bisnis yang kita jalankan. Sehingga dapat membuat strategi bertahan dan berkembang dalam kondisi apapun.


6. Dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman

Seperti yang tersebut pada point 4 di atas bahwa kemampuan beradaptasi dalam kondisi apapun akan membuat usaha/bisnis yang kita jalan semakin berkembang. Usaha/bisnis yang tidak membekali diri dengan kemampuan adaptasi, akan sulit berkembang apalagi untuk bertahan. Nah, analisis SWOT dapat membekali usaha/bisnis dengan informasi-informasi ter-update agar tidak ketinggalan zaman, dan kalah bersaing dengan kompetitor.

[Baca Juga: Tips Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil, Untung Besar]

7. Memperluas pemasaran

Tidak sedikit tentunya pelaku usaha yang menggunakan analisis SWOT sebagai metode analisa usaha yang mereka jalankan. Hal itu tidak terlepas dari manfaat yang mereka terima, seperti salah satunya keberhasilan dalam memperluas jaringan pemasaran. Mereka mampu menjaring konsumen dari semua generasi dengan menjadikan hasil analisis SWOT sebagai dasar perluasan pemasarannya.


8. Memudahkan analisa keuangan

Case study dilapangan memperlihatkan bahwa masalah defisit keuangan dapat disebabkan oleh kurangnya evaluasi dan improvement. Dan kurangnya evaluasi bisa disebabkan tidak adanya hasil analisa yang tepat. Oleh karena itu penting bagi pelaku usaha/bisnis untuk melakukan analis SWOT sebagai dasar evaluasi dan perbaikan.


Umumnya, dalam melakukan analisa keuangan menggunakan data dari SWOT, pastinya lebih detail karena analisa yang dilakukan fokus pada beberapa target yang telah ditentukan dalam periode tertentu. Sehingga dengan demikian, konsep keuangan akan lebih efisien, hemat biaya, dan meningkatkan hasil produksi secara sigifikan.


9. Menghindari kerugian

Tentunya tidak ada seorangpun yang ingin membangun usaha/bisnis dengan iming-iming kerugian. Semua pelaku usaha tentu menginginkan usaha yang mereka jalani terus mengalami keuntungan dan terhindar dari kerugian. Untuk menghindari kerugian sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap potensi atau kekuatan usaha, mengenali kelemahan, membaca peluang, dan mewaspadai ancaman. Dan itu semua merupakan aspek dari Analisis SWOT.

[Baca Juga: Cara Memulai Usaha Konveksi Kaos]

Dari pemaparan di atas tentang aspek dan manfaat analisis SWOT, bisa kita tarik kesimpulan bahwa upaya dalam mencapai kesuksesan usaha/bisnis bisa kita dapatkan dengan cara menerapkan alisis SWOT kedalam usaha/bisnis yang kita jalankan. 4 aspek yang ada di dalam analisis SWOT bisa menjadi strategi jitu guna menganalisa adanya potensi kelemahan yang dapat menjadi ancaman, dan menemukan peluang untuk kemajuan usaha yang kita bangun.


Demikianlah informasi tentang aspek dan manfaat analisis SWOT sebagai strategi jitu dalam membangun usaha. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang memiliki usaha dan ingin usahanya maju. Jangan lupa share dan comment, karena berbagi itu indah.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Aspek dan Manfaat Analisis SWOT Sebagai Strategi Jitu Dalam Membangun Usaha/Bisnis"