Mengenal Konsep dan Jenis Digital Marketing

Buat Info -  Konsep dan Jenis Digital Marketing


Di era digitalisasi seperti sekarang ini, kegiatan dalam memasarkan produk lebih banyak dilakukan melalui internet. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan anime masyarakat terhadap kebergunaan internet, dipercaya mampu mendongkrak penjualan dari pada produk itu sendiri.


Secara definisi digital marketing diartikan sebagai kegiatan pemasaran dalam upaya mengenalkan suatu produk melalui media digital atau internet. Tujuannya pun satu, yaitu menarik konsumen sebanyak mungkin untuk menaikkan angka penjualan suatu produk tertentu.


Konsep Digital Marketing

Aktifitas apapun yang kita lakukan tentunya harus berangkat dari sebuah konsep yang menjadi rangka berfikirnya. Begitu juga dengan digital marketing, demi untuk mencapai goal dengan manarik konsumen dan calon konsumen sebanyak-banyaknya tentu harus mengenal terlebih dahulu konsep dari digital marketing itu sendiri.


Konsep dari digital marketing ini yang terpenting adalah memunculkan adanya keterlibatan pelanggan atau calon pelanggan dalam aktifitas pemasaran yang Anda lakukan.


Keterlibatan pelanggan dalam dunia digital marketing memiliki peran cukup penting karena dengan keterlibatan tersebut nantinya pelaku bisnis dapat membuat pengoptimalan tingkat konversi untuk sebuah goal dari digital marketing itu sendiri.

[Baca Juga: 6 Ide Bisnis Online]

Jenis-jenis Digital Marketing

Terdapat beberapa jenis digital marketing yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis saat ini. Dimana dari beberapa jenis tersebut bisa menjadi strategi jitu dalam mengenalkan dan memasarkan produk mereka. Adapun beberapa jenis digital marketing yang perlu Anda pahami untuk bisa menghadirkan keterlibatan pelanggan adalah sabagai berikut:


1. SEO (Search Engine Optimazation)

Search engine optimization atau lebih dikenal dengan istilah SEO, saat ini keberadaannya mulai diperhitungkan setelah munculnya aktifitas pemasaran secara digital. SEO sendiri lebih banyak membantu pengoptimalan sebuah konten agar memberikan pengalaman penulusuran yang lebih baik kepada pelanggan.


Tentunya banyak sekali manfaat yang dirasakan dari penerapan SEO konten terhadap aktifitas digital marketing. Dimana diantaranya seperti meninggkatkan brand awareness, menaikkan konversi bisnis sehingga angka penjualan semakin naik, dan tentunya meningkatkan keterlibatan pelanggan.


Terdapat beberapa bagian dalam konten SEO yang perlu Anda perhatikan. Yaitu diantaranya adalah:

- Konten tentang produk

- Kata kunci/keyword yang berkaitan dengan produk yang akan dipasarkan

- Judul konten yang relevan dengan produk yang akan dipasarkan

- Meta description atau penjelasan singkat dari isi konten itu sendiri

- Penggunaan tag header (H1, H2, H3, dst)

- Penggunaan Alt image dengan memberikan diskripsi singkat dengan konten pada gambar

- Penggunaan backlink, baik itu link internal maupun eksternal


2. Pemahaman konten

Dalam membuat konten yang bagus dan banyak menarik minat pembaca adalah dengan memahami konten itu sendiri. Jangan sampai Anda membuat konten yang notabene tidak Anda pahami, karena justru akan mengurangi minat pembaca untuk mengenal lebih jauh lagi tentang produk yang Anda pasarkan. Jadi pahami terlebih dahulu konten yang akan Anda buat agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pembaca/pelanggan.


3. Strategi konten corong pemasaran

Penggunaan istilah corong pemasaran dalam dunia digital marketing karena adanya keterlibatan pelanggan. Keterlibatan itu sendiri ada 4 tahapan, dimana tahapan tersebut seperti kesadaran, ketertarikan, keputusan, dan koversi.


Strategi inilah yang bisa menjadi dasar untuk melakukan pengertian dan konsep digital marketing seperti yang sudah kita sebutkan di atas. Seorang digital marketer akan mengembangkan konten untuk setiap tahap corong, masing-masing dengan strategi SEO, strategi amplifikasi, dan penargetan yang berbeda.


4. Email Marketing

Email marketing ini digunakan oleh beberapa pelaku bisnis dalam rangka mengenalkan dan memasarkan produk yang mereka jual secara langsung kepada konsumen maupun calon konsumsi. Jadi strategi ini bisa memicu adanya keterlibatan pelanggan pada proses pemasaran.


Dari beberapa hasil penelitian statistik diketahui bahwa email marketing memiliki tingkat keberhasilan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan media sosial. Mengingat komunikai umpan balik dilakukan bisa berjangka panjang karena pelanggan tidak akan mengganti alamat email mereka.


5. Media Sosial

Media sosial merupakan wadah pemasaran yang paling penting dalam dunia digital marketing. Pasalnya, media sosial merupakan sarana paling efektif untuk menjangkau target pasar dengan sangat mudah.


Selain itu, media sosial juga memberikan beberikan informasi terkait apa yang dibutuhkan oleh target pasar. Dan yang tak kalah pentingnya lagi, memasarkan produk digital melalui media sosial memangkas pengeluaran karena biaya promosi yang dibutuhkan tidak terlalu mahal bahkan cenderung gratis.

 

Untuk mendukung percepatan proses pemasaran, saat ini penggunaan iklan media sosial juga sudah menjadi hal wajar dalam strategi digital marketing. Dan sudah banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan media ini untuk membangun branding dan memasarkan produknya dengan cara membuat iklan yang tertarget.


6. Affiliate marketing

Jenis lain dari digital marketing yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis adalah affiliate marketing. Yang dimaksud dengan affiliate marketing adalah upaya memasarkan produk dengan bantuan pihak lain dengan cara mereferensikan produk-produk Anda. Seperti contohnya amazon yang memiliki ribuan pelanggan dengan berbagai macam produk yang mereka referensikan.


7. Convertion rate optimization (CRO)

CRO atau dalam bahasa Indonesianya dikenal dengan pengoptimalan tingkat konversi merupakan hasil akhir sebuah pencapaian dari semua strategi digital marketing. Melalui CRO ini Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna online Anda. Penggunaan CRO bagi pelaku bisnis adalah untuk mendapatkan konversi seperti prospek, obrolan, dan penjualan melalui situs web.



Itulah informasi tentang konsep dan jenis digital marketing. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat dan wawasan kepada kita semua khususnya dalam hal digital marketing. Tentunya banyak sekali peluang bisnis di era digitalisasi seperti sekarang ini yang bisa kita manfaatkan.


Jangan lupa share artikel di atas agar manfaatnya juga bisa dirasakan oleh orang lain. Dan jika ada tambahan point terkait dengan isi artikel di atas. Silahkan tambahkan pada colom comment di bawah.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Konsep dan Jenis Digital Marketing"