Semangat Kemerdekaan Dari Rakyat

Buat Info - Semangat Kemerdekaan Dari Rakyat

17 Agustus merupakan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

Nafas perjuangan dari para pahlawan kemerdekaan negara, terus menjadi potret perjuangan yang tak terlupakan oleh rakyat Indonesia sampai saat ini. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya hiasan dengan nuansa merah putih, baik di jalan-jalan pedesaan maupun perkotaan. Nampak dengan jelas deretan bendara merah putih berkibar dengan begitu gagahnya. Semua rakyat dari berbagai status, agama, ras, dan suku serentak dengan penuh kesadaran mengibarkan bendara merah putih di depan rumah-rumah mereka. Pengurus rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) juga penuh semangat memasang bendera merah putih di tiap-tiap jalan dan gang di lingkungan yang menjadi domain mereka. Para guru dan dosen juga mengibarkan bendara lambang kehormatan bangsa, di depan kampus dan sekolah masing-masing. Rasa hormat akan semangat pengorbanan para pejuang dengan sadar dilestarikan setiap tahunnya. Rakyat sadar, bahwa menghargai hari kemerdekaan itu penting. Penting untuk menghormati perjuangan para pahlawan terdahulu, dan penting untuk tetap melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk bangsa ini.

Tidak ada perbedaan antara tua dan muda, mereka berasimilasi menjandi satu dalam menunjukkan semangat kemerdekaan rakyat. Rakyat paham bahwa kemerdekaan ini adalah milik bersama yang diperoleh melalui tumpah darah dan rasa sakit para pejuang terdahulu. Dengan dikibarkannya bendera merah putih sama halnya mengibarkan semangat perjuangan untuk masa depan kepada anak muda bangsa. Artinya, kibaran bendara merah putih memperlihatkan semangat juang pahlawan bangsa pada masanya, dan diharapkan mampu dari kibarannya menorehkan semangat juang kepada generasi bangsa sebagai penerima estafet perjalanan bangsa kedepan.

Sampai dengan saat ini rakyat terbukti tetap semangat, dan terus saling menyemangati antar sesama. oleh karena itu, marilah kita bangun kesadaran bersama untuk tetap menjaga dan semangat dalam merayakan hari kemerdekaan. Tidak sampai disitu saja, kita sebagai generasi muda, selaiaknya mampu menunjukkan daya saing kita dalam segi apapun dengan bangsa lainnya. Karena kelanjutan kemerdekaan bangsa ini ada pada pundak generasi mudanya. Tidak sepatutnya kita sebagai generasi muda, mengotori perjuangan para pahlawan dengan perilaku-perilaku yang kurang terpuji [baca juga: Krisis Moral Generasi Muda]. Mari kita bangun kreativitas kita untuk menunjukkan pada dunia bahwa kita bukanlah generasi bangsa yang lemah. Karena kehormatan bangsa adalah tanggung jawab kita bersama sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa.

Tanggal 17 Agustus 1945, adalah hari yang bersejarah bagi saya, anda dan kita semua. Pada waktu itu, Bung Karno dan Bung Hatta serta rakyat Indonesia yang lain dengan lantang berteriak MERDEKA dalam suka dan duka yang berkecamuk dalam dada. Seperti halnya rakyat Indonesia seperti sekarang ini, yang masih setia merayakan kemerdekaan bangsanya, tanpa merintah dan diperintah oleh siapapun, merah putih akan tetap berkibar. Kobaran semangat juang para pahlawan akan tetap ada dan akan terus berkibar dalam diri generasi muda. Dan akan selalu menjadi potret perjuangan yang tak kan terlupakan tanpa batas masa.

Tidak ada komentar untuk "Semangat Kemerdekaan Dari Rakyat"