Mengenal Perbedaan Antara Boss dan Leader

Perbedaan Boss dan Leader


Perbedaan Boss dan Leader - Setiap dari kita yang notabene berstatus karyawan pastinya memiliki atasan, dan bisa jadi juga setiap dari kita merupakan atasan itu sendiri. Pun setiap atasan tentu memiliki cara dalam memimpin tim, mengambil keputusan dan hal lain yang berkaitan dengan tanggung jawab.


Namun, pernah mungkin dari kita ber "gosip" saat kerja, "ih itu orang gitu amat ke anak buahnya", "parah ya padahal ga perlu marah sebegitunya", "kok gitu, yang cape siapa dia yang ngaku - ngaku".


Atau mungkin juga dari kita pernah bilang "buset, kasian amat itu anak buahnya ga pernah diapresiasi hasil kerja". Namun demikian tidak jarang pula kita melakukan hal sebaliknya, yaitu kagum terhadap kinerja seorang pimpinan.


Dari contoh case di atas merupakan interpretasi dari pengamatan kita terhadap kinerja seorang pimpinan. Dimana ada pimpinan yang benar-benar memberikan arahan dan contoh untuk pencapaian kerja yang lebih baik. Pun ada juga pimpinan yang ingin mendominasi dalam segala hal tanpa memberikan arahan dan contoh yang baik.


Dan dari dua type pemimpinan seperti yang tersebut di atas dikenal dengan istilah Boss dan Leader. Dimana Boss dan Leader ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok sekali dari segi kepempinanannya.


Nah pada kesempatan kali ini buatinfo.com akan berbagi informasi tentang perbedaan antara boss dan leader. Yang mana perbedaan tersebut penting untuk kita ketahui. Agar jika kita nanti berada di posisi sebagai seorang pemimpin, kita sudah tahu bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang notabene merupakan tonggak utama dalam sebuah team.


Perbedaan Boss dan Leader

Mengutip situs thebusinesstimes.com, diketahui bahwa antara boss dan leader memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dimana perbedaan tersebut bisa terlihat dari cara bersikap, bekerja, serta dalam mengambil keputusan.


Namun sebelum kita masuk ke pembahasan tentang perbedaan Boss dan Leader. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari kata tersebut.

Boss dalam pengertian kata sifat adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki posisi atau kekuasan tertentu dalam sebuah organisasi. Sedangkan menurut pengertian kata kerja boss adalah orang dengan jabatan tinggi yang memberi perintah dengan cara mendominasi.


Leader dalam pengertian kata sifat adalah sebutan bagi seseorang pemimpin yang memiliki kedudukan tertentu dalam sebuah oraganisasi. Sedangkan menurut pengertian kata kerja leader adalah seorang pemimpin yang menginspirasi orang lain untuk bekerjasama demi pencapaian tujuan tertentu.


Nah, dari definisi saja sudah jelas perbedaan antara boss dan leader. Namun tidak cukup sampai disitu saja, karena masih banyak perbedaan lainnya seperti diantaranya adalah:

1. Leader bersifat open minded, sedangkan Boss bersifat unreceptive

Seorang leader memiliki pola pikir yang berkembang, sehingga tidak heran jika mereka selalu open minded terhadap hal-hal atau ide-ide yang baru. Karena bagi mereka ide atau gagasan baru yang relevan tentu akan memberikan dampak yang baik bagi pencapaian suatu tujuan.


Sedangkan seorang Boss cederung merasa tahu semuanya dan kurang begitu suka dengan ide atau gagasan baru yang muncul dari orang lain. Sehingga kebanyakan dari mereka biasanya bersifat unreceptive, yaitu tidak mau terbuka terhadap ide atau gagasan lain.


2. Leader senang bekerjasama, sedangkan Boss suka mendikte

Sikap open minded yang dimiliki oleh seorang leader membuat mereka lebih senang untuk bekerjasama dalam menyelesaikan atau mencapai suatu tujuan tertentu. Bagi mereka bertukar pikiran dengan orang lain merupakan cara yang tepat guna menghasilkan solusi yang inovatif.


Sedangkan seorang Boss lebih suka mendikte dengan cara memerintah orang lain bekerja sesuai dengan ide atau gagasannya sendiri. Tanpa mempertimbangkan ide lain yang lebih solutif dan inovatif.


3. Leader senang memberdayakan orang lain, sedangkan Boss hanya mengawasi

Perbedaan lainnya antara Boss dan Leader adalah dimana seorang Leader lebih senang memberdayakan orang lain dan bekerjasama dalam mencapai suatu tujuan yang diinginkan oleh team.


Sedangkan Boss cenderung hanya mengawasi kerja orang lain sesuai dengan arahan yang ia berikan.


4. Leader menyalahkan dirinya sendiri, sedangkan Boss menyalahkan orang lain

Umumnya, mengerjakan sesuatu seorang leader lebih senang berkolaborasi dengan orang lain. Namun jika adalah kesalahan dalam proses pengerjaan, dia lebih memilih untuk menyalahkan dirinya sendiri dari pada menyalahkan teamnya.


Beda hal dengan Boss. Boss memiliki sifat yang selalu merasa tahu akan semua hal. Ia akan memerintah orang lain sesuai dengan apa yang ia ketahui. Dan jika ada kesalahan pada prosesnya, ia akan menyalahkan orang lain.


5. Leader memberi contoh, sedangkan Boss membuat contoh dari orang lain

Perbedaan terakhir antara leader degan Boss adalah Leader lebih banyak memberikan contoh kepada orang lain untuk mencapai dan menyelesaikan tugas bersama-sama.


Sedangkan Boss hanya bisa memberikan contoh dari orang lain yang notabene belum tentu contoh tersebut benar. Parahnya, Boss akan memerintahkan teamnya bekerja sesuai dengan contoh tersebut.


Penutup

Itulah beberapa perbedaan Boss dan Leader. Persamaan dari keduanya hanya ada pada posisi atau jabatan yang paling tingi dalam organisasi. Namun, perbedaannya cukup banyak sebagaimana yang sudah kami jelaskan di atas.


So, dari penjelasan sederhana di atas, Anda termasuk yang mana? jika Anda merasa seperti tipe Boss yang tidak punya tanggung jawab, yuk mulai berubah menjadi Leader demi pencapaian hasil yang lebih baik dari sekarang.


Jangan lupa bantu share artikel ini. Jika ada tambahan penjelasan terkait isi artikel di atas. Silahkan tuliskan pada kolom comment di bawah ini.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Perbedaan Antara Boss dan Leader"