Ketahui Cara Melamar Kerja Online dan Offline Berikut Contohnya

Cara Melamar Kerja Online dan Offline


Melamar kerja merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Melamar pekerjaan bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu yang pertama dengan cara online dan yang kedua dengan cara offline.


Umumnya, seseorang yang melamar pekerjaan dengan cara online lebih banyak memanfaatkan produk elektronik, misalnya hp atau computer untuk mengirimkan syarat-syarat yang sudah mereka lengkapi seperti surat lamaran kerja, CV, foto ijazah, dan lain sebagainya. Sedangkan cara offline merupakan cara lama yang mana syarat-syarat yang sudah dilengkapi tersebut dikirimkan sendiri ke perusahaan atau melalui jasa kantor pos.


Namun sayangnya, tidak semua pelamar kerja betul-betul memahami bagaimana cara yang tepat untuk melamar pekerjaan, baik dengan cara online maupun offline. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin akan berbagai informasi tentang cara melamar kerja online dan offline buat anda ketahui agar bisa diterima bekerja.


Cara Melamar Kerja Online dan Offline

Untuk bisa lolos seleksi administrasi Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara yang tepat untuk melamar kerja. Mengingat jika Anda belum mengetahui caranya, maka kemungkinan untuk lolosnya kecil. Oleh karena itu, ikuti beberapa cara di bawah ini:


Cara Melamar Kerja Online

1. Melamar kerja via email

Melamar kerja via email bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa perangkat elektronik, seperti HP, Laptop / computer. Pasalnya, beberapa perusahaan besar biasanya menggunakan jasa penyelia lowongan kerja untuk memposting lowongan kerjanya dan Anda bisa langsung apply di platform tersebut atau juga bisa megirimkan langsung ke alamat email perusahaan.


Namun sebelum Anda mengirimkan lamaran kerja Anda. Sebaiknya terlebih dahulu Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

- Kelengkapan syarat yang dibutuhkan seperti surat lamaran, CV, data pribadi (KTP), dan sertifikat pendukung lainnya.

- Menulis kata pengatar yang baik dan sopan

- Menyertakan subjek email (biasanya subjek dituliskan dengan posisi pekerjaan yang dilamar)

- Dicheck kembali sebelum dikirimkan

- Pastikan mengirim lamaran di jam-jam kerja

Contoh lamaran kerja via email seperti di bawah ini:

From : najwamubarok87@gmail.com

To : (alamat email perusahaan)

Cc : (dikosongi saja)

Subject : (tuliskan jabatan yang dilamar)


Dear Pimpinan Perusahaan


Sehubungan dengan informasi yang sama dapatkan disalah satu penyelia lowongan kerja bahwa di tempat Bapak/Ibu sedang membutuhkan tenaga professional untuk menempati posisi (tulis nama posisinya).


Saya sangat tertarik sekali untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpinan, dan berharap bisa menempati posisi yang tersedia. Berikut saya lampirkan beberapa dokumen sebagai syarat kelengkapan sebagai bahan pertimbangan.


Demikian lamaran ini saya tulis dengan sebenar-benarnya, dengan harapan saya bisa diterima agar bisa berkontribusi penuh terhadap perusahaan.


Terima kasih

Seirlyn


2. Melamar kerja lewat wa

Melamar pekerjaan lewat wa hampir sama dengan metode melamar kerja lainnya. Namun karena memang cara ini jarang dilakukan, maka penting buat Anda untuk memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut:

- Tuliskan maksud dan tujuan

- Tuliskan kata pengantar yang baik dan jelas

- Tuliskan data pribadi diri

- Tuliskan alasan kenapa Anda melamar pekerjaan tersebut

- Lampirkan dokumen lengkap sebagai syarat melamar kerja

- Teriakhir adalah penutup

Berikut contoh penulisannya:

Hal: Melamar pekerjaan

Kepada

Yth, Bapak/Ibu Pimpinan

PT. Bangkit Bersama

Di, Bedali Indah Lawang - Malang


Dengan hormat,


Sehubungan dengan informasi yang saya terima dari penyelia lowongan pekerjaan bahwa di perusahaan Bapak/Ibu sedang membutuhkan tenaga professional untuk menempati posisi (tulis nama pekerjaan). Berikut ini data pribadi saya:

Nama : Najwa Seirlyn Nuzulia Mubaro

Alamat : Perum green world Gg 1 No.7 Rt/Rw 02/04, Lawang, Malang

Tempat tanggal lahir : Malang, 16 Februari 1998

Jenis kelamin : Perempuan

Pendidikan terakhir : S1 Psikologi


Saya merupakan salah satu lulusan sarjana Psikologi Universitas Negeri ternama di Malang. IPK terakhir saya adalah 3.58 saat lulus dari Universitas pada tahun 2011. Saat ini saya tidak menjalankan pekerjaan apapun dan tidak terikat kontrak dengan perusahaan manapun.


Saya juga memiliki pengalaman kerja sabagai staff HRD di perusahaan swasta di Malang selama 3 tahun. Selain paham dan terbiasa dengan tugas dan tanggung jawab di Devisi HRD, saya juga memiliki kemampuan bahasa Inggris baik lisan atau pun tulisan.


Saya sangat tertarik sekali untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dan menempati posisi yang telah tersedia. Alasan saya melamar pekerjaan ini adalah karena saya merasa memiliki kualifikasi seperti yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengerjakan setiap tugas dari pekerjaan tersebut.


Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat melamar pekerjaan, seperti:

- Surat lamaran

- CV terbaru

- Foto copy data pribadi (KTP, KK, dan NPWP)

- Foto copy Ijazah terakhir

- Foto copy transkip nilai

- Foto copy Surat Pengalam Kerja

- Foto 4x6 terbaru sebanyak 3 lembar


Dari penjelasan saya di atas, besar harapan saya dapat diterima bergabung dangen perusahaan yang Bapak/Ibu pimpinan, agar saya dapat memberikan kontribusi penuh terhadap perusahaan.


Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebanar-benarnya dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Terima kasih atas perhatian yang Bapak/Ibu berikan untuk membaca surat lamaran ini.


Malang,


Hormat saya,

Seirlyn Nuzulia


3. Melamar kerja lewat linkedIn

Di LingkedIn ada fitur yang namanya easy apply atau apply. Dengan fitur easy apply tersebut Anda bisa melamar pekerjaan yang Anda inginkan langsung di linkedIn. Namun jika Anda menggunakan fitur apply, maka Anda akan diarahkan ke situs resmi perusahaan yang ada di linkedIn.


Untuk lebih mudahnya, ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk melamar kerja di linkedIn menggunakan fitur easy apply:

- Klik posisi pekerjaan untuk melihat detailnya

- Klik fitur easy apply di bagian atas

- Tuliskan informasi yang dibutuhkan di layar pop up

- Sebelum di kirim usahakan lakukan peninjauan terlebih dahulu dengan klik tinjau

- Jika dirasa sudah lengkap, silahkan langsung klik kirim.

- Finish. Berkas lamaran Anda sudah terkirim ke perusahaan yang Anda tuju.


Cara Melamar Kerja offline

Cara melamar kerja yang satu ini sudah lebih dulu dilakukan oleh para jobseeker untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Umumnya, mereka akan membuat portofolio / CV, dan surat lamaran dengan cara tulis tangan atau diketik langsung.

Biasanya para pelamar kerja akan mengirimkan lamarannya dengan 2 (dua) metode. Dimana metode yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Melamar kerja lewat pos

Segala persyaratan melamar kerja yang sudah lengkap akan dimasukkan ke dalam amplop berwarna coklat dan akan dikirimkan ke alamat perusahaan menggunakan jasa kurir, biasanya kurir yang banyak dipilih adalah pos Indonesia.


Jika Anda tertarik menggunakan metode melamar lewat jasa kurir, ada baiknya Anda menuliskan nama pengirim, alamat pengirim, dan Hal/tujuan. Selain itu, tuliskan kepada siapa surat tersebut Anda tujukan, dan alamat lengkap tujuan agar berkas lamaran Anda sampai dan bisa diterima oleh pimpinan perusahaan.


2. Melamar kerja langsung

Metode kedua dalam melamar kerja secara offline adalah datang langsung ke alamat perusahaan. Pasalnya, para pelamar yang datang secara langsung ke perusahaan untuk melamar pekerjaan, menjadi nilai plus karena keseriusannya untuk mendapatkan pekerjaan.


Kesimpulan

Dari pemaparan di atas dapat kita simpulkan bahwa metode melamar kerja yang umum dilakukan saat ini ada dua cara, yaitu dengan cara online dan offline. Dari kedua metode tersebut pada dasarnya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi tergantung pada diri Anda lebih tertarik untuk menggunakan metode yang pertama atau yang kedua dalam upaya mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.


Apapun itu metodenya, yang terpenting adalah Anda harus tahu tentang cara melamar kerja yang tepat, baik itu dengan cara online ataupun offline. Agar lamaran yang Anda kirimkan bisa diterima oleh pihak perusahaan.


Nah demikianlah informasi tentang cara melamar kerja online dan offline yang penting buat Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Jangan lupa share artikel ini agar orang lain juga mendapatkan manfaatnya. Terima kasih.


Tidak ada komentar untuk "Ketahui Cara Melamar Kerja Online dan Offline Berikut Contohnya"