6 Alasan Lamaran Kerja tidak Diterima

Buat Info - 6 Alasan Lamaran Kerja tidak Diterima

Alasan lamran kerja tidak diterima - " Mengapa saya sudah melamar sana-sini tetapi tidak ada panggilan kerja sama sekali". Mungkin pertanyaan seperti ini sering kita jumpai dilingkungan terdekat kita. Baik dari keluarga kita sendiri atau bahkan dari teman-teman terdekat kita.


Selain lingkungan terdekat, kita sendiri juga mungkin pernah merasakan pertanyaan itu muncul dari benak kita. Teman-teman mungkin sudah sering mengirimkan cv dan surat lamaran kerja kemana-mana, akan tetapi panggilan tidak kunjung datang, berikut beberapa alasan :

Alasan Lamaran Kerja tidak Diterima

1. Spesifikasi pendidikan Anda tidak cocok dengan persyaratan lowongan kerja

Dibutuhkan sarjana hukum, eh kok akuntansi ikutan ngelamar. Semua orang tentunya menginginkan pekerjaan, tidak luput kita juga. Karena keinginan yang terlalu besar tersebut, kita terkadang sedikit mengenyampingkan kualifikasi yang tertera pada lowongan kerja yang kita baca.

Salah satu kualifikasi seperti pendidikan menjadi syarat khusus dalam seleksi karyawan. Karena syarat tersebut menyesuaikan dengan beban kerja yang akan diterima nantinya.

2. Pengalaman Anda tidak cukup memenuhi persyaratan lowongam kerja.

Dibutuhkan pengalaman kerja 2 tahun, eh fresh graduate kok melamar. Tidak jarang beberapa perusahaan yang menginginkan atau membutuhkan tenaga kerja yang pengalaman. Hal tersebut bukan untuk men-diskreditkan orang-orang dengan status fresh graduate.

Kualifikasi pengalaman kerja tersebut dimaksudkan untuk menempatkan seseorang pada tempat yang tepat. Artinya dibutuhkan seseorang yang sudah memiliki pengalaman tertentu untuk menghandle pekerjaan yang sifatnya berat dan vital.

3. CV dan surat lamaran Anda tidak menjual

Artinya CV dan surat lamaran yang Anda kirimkan tidak menggambarkan diri Anda dan kompetensi diri yang merupakan kekuatan Anda, sehingga kurang menarik perhatian dari para HR. CV yangg menarik bukan dari segi tampilan tapi kompetensi.

Ilustrasinya jika CV anda blink-blink atau dipenuhi dengan warna cerah karena Anda minta buatkan ke jasa pembuat CV blink-blink, maka ibaratnya Anda naik mobil Alphard tp cc mobil 1000.


4. Tidak mengikuti petunjuk pengiriman

Misalnya maksimal ukuran CV atau foto dlm MB (megabyte). Jika tidak diatur maka sebaiknya satukan foto, foto ijasah, transkrip, sertifikat pendukung dalam satu folder dan dikompres, dan berikan nama Anda sebagai nama file. Pada saat mengirim ada 3 file, yaitu : surat lamaran, cv dan file pendukung semisal sertifikat pendidikan, surat pengalaman kerja, dan kelengkapan lainnya.

5. Tidak menggunakan foto profesional sebagai profil Anda untuk melamar

Alsan lain kenapa lamaran kerja sering ditolak adalah karena kita kurang memperhatikan hal-hal yang bersifat formal. Seperti contoh, menggunakan foto-foto sebagaimana yang terpasang di media social, semisal foto dengan post manyun, mejulurkan lidah, dan foto sedang liburan ke Bali dll.

6. Tidak menggunakan alamat email formal

Sama halnya dengan kasus foto di atas. penggunaan nama email pun juga jarang kita perhatikan. terkadang kita menggunakan email dengan nama yang sedikit alay dan jauh dari kesan formal, misalnya akuhdandiah@gmail[dot]com atau adegmanieezz@gmail[dot]com. Cukup gunakan alamat email yang bersifat formal, misalnya andy@gmail[dot]com, dan alamat email formal lainnya.

Dari beberapa pemaparan di atas tentang beberapa alasan kenapa lamaran kerja sering ditolak. Bisa kita tarik kesimpulan bahwa menjadi sangat penting bagi kita untuk memahami terlebih dahulu kebutuhan lowongan kerja yang akan kita lamar. Karena kualifikasi yang diberikan oleh perusahaan pada lowongan kerja tersebut merupakan persyaratan mutlak untuk mendapatkan karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Selain itu, penting juga untuk menghindari alamat email dan foto yang bersifat alay atau non formal. Karena alamat email, foto, CV, dan surat lamaran selalu memberikan kesan pertama yang dapat mendiskripsikan diri Anda. Jadi berikan kesan formal pertama saat team HR menerima kiriman lamaran Anda, sehingga dapat memberikan kesan menarik yang mungkin nantinya team HR akan memanggil Anda.

Deikian informasi perihal 6 alasan lamaran kerja tidak diterima. Semoga pemaparan di atas dapat memberikan wawasan dan informasi yang bermanfaat bagi pembaca semuanya. Dan semoga untuk kesempatan lamaran berikutnya, Anda bisa dipanggil oleh perusahaan dimana Anda melamar bekerja. Jangan lupa share dan comment, karena berbagi itu indah.

2 komentar untuk "6 Alasan Lamaran Kerja tidak Diterima"

  1. Saya nih kak, seringnya begitu, mungkin karna yang saya lamar bukan spesifik dari latar belakang akademik saya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi mulai dari sekarang harus lebih spesific lagi dalam mengirimkan lamaran kerjanya. good luck

      Hapus

Posting Komentar