Berikut 2 Tips Menghilangkan Sifat Menunda Pekerjaan

Buat Info - Menunda Pekerjaan


BuatInfo.com - Selesainya suatu pekerjaan dengan cepat bukan hanya berdampak positif bagi kita sendiri, melainkan juga buat rekan kerja dan perusahaan tempat dimana kita bekerja. Namun sayangnya, tidak sedikit dari kita yang terkesan bermalas-malasan untuk menyelesaikan pekerjaan. Apalagi pekerjaan tersebut sifatnya sepele atau ringan.


Pada dasarnya, apapun bentuk pekerjaan baik itu berat atau pun ringan harus bisa segera kita selesaikan tepat waktu. Karena jika kita menunda-nunda pekerjaan, maka pekerjaan yang ringanpun akan menjadi berat untuk diselesaikan di kemudian hari karena sudah terlanjur menumpuk. Oleh karena itu, janganlah menunda pekerjaan dan hindari menyia-nyiakan waktu luang kita.


Lantas bagaimana cara untuk menghilangkan sifat menunda-nunda yang sering kita lakukan di tempat kerja? Nah pada kesempatan kali ini, buatinfo.com akan berbagi informasi mengenai 2 langkah untuk menghilangkan sifat menunda-nunda pekerjaan yang bisa diimplementasikan di tempat kerja kita. Dengan begitu kita akan lebih mudah mencintai pekerjaan saat ini.


Cara Menghilangkan Sifat Menunda Pekerjaan

1. Selesaikan pekerjaan yang ringan terlebih dahulu

Jika pekerjaan memerlukan waktu di bawah 2 menit, maka kerjakan pekerjaan tersebut sesegera mungkin. Pasalnya, secara psikologis seseorang malas menyelesaikan pekerjaan bukan karena beban pekerjaan itu sendiri, melainkan karena jumlah pekerjaan yang terlalu banyak.


Oleh karena itu, cara pertama untuk menghilangkan sifat menunda pekerjaan adalah dengan segera mungkin menyelesaikan pekerjaan yang penyelesaiannya kurang dari 2 menit. Misalnya, menandatangani dokumen, mencetak formulir, atau menyimpan arsip surat. Kebiasaan baik ini akan menghindarkan kita dari tumpukan pekerjaan kecil yang dapat mengganggu konsentrasi akibat dari menunda pekerjaan.


2. Mulai dengan lima menit pertama.

Seberat apapun beban pekerjaan yang harus kita selesaikan, jika kita langsung melakukan action untuk 5 menit pertama. Maka tidak menutup kemungkinan pekerjaan yang berat pun akan selesai tepat waktu. Caranya cukup mudah, yaitu pada saat kita harus membuat laporan pengadaan barang untuk manajemen puncak. Maka dalam lima menit pertama, kita bisa menulis pendahuluan laporan tersebut. Disadari atau tidak, setelah lima menit berlalu, kita akan tersugesti untuk terus membuat laporan tersebut sampai dengan selesai.



Itulah sedikit informasi tentang bagaimana cara menghilangkan sifat menunda pekerjaan. Jangan menunda pekerjaan karena sifat tersebut merupakan bentuk kegagalan pengaturan diri yang dapat menimbulkan konsekuensi negatif. Jika kita terlalu sering menunda pekerjaan, tidak menutup kemungkinan ancaman depresi dan stress bisa kita rasakan di kemudian hari.


Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat dan dapat mengubah sifat kita yang sebelumnya mudah sekali menunda pekerjaan menjadi pribadi yang rajin dan dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Karena dengan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu tentu akan membuat kita lebih semangat di tempat kerja.


Jangan lupa share artikel ini agar manfaatnya juga bisa dirasakan oleh orang lain. Dan jika ada tambahan untuk menambahi point yang berhubungan dengan isi artikel ini. Silahkan tambahkan pada kolom comment di bawah.

Tidak ada komentar untuk "Berikut 2 Tips Menghilangkan Sifat Menunda Pekerjaan"