Cara Menghadapi Promosi Jabatan di Tempat Kerja

Promosi Jabatan


Dalam perjalanan karier kita, tentu akan ada masa di mana kita dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi. Dan pada saat itu terkadang kita merasa ragu untuk menerima tugas dan tanggung jawab yang baru tersebut. Karena notabene kita dipromosikan karena kita memang expert di role kita sebelumnya, dan masih meraba di role yang baru.


Pasalnya, pada saat kita dipromosikan untuk menghandle jabatan yang baru, mau tidak mau, kita memang akan memulai dari awal lagi, berarti kita memang masih “belum expert” di role kita yang baru. Nah di sinilah biasanya terjadi krisis of confidence karena kita sekarang akan bergerak dari phase “expert” ke phase “learning” lagi.


Normalnya, saat kita dipromosikan, itu artinya kita akan menempati posisi yang lebih tinggi. Dan itu berarti challenge yang lebih sulit dari sebelumnya. Jadi makin tinggi jabatan kita, tentu akan semakin besar pula challengenya. Oleh karenanya kita perlu banyak belajar lagi untuk grow up kompetensi yang sudah kita miliki. Dalam istilah Michael Porter, seorang pakar strategi yang terkenal “we move from the competent level to the incompetent level”.


Jadi wajar jika kita merasa ragu pada saat kita mendapatkan promosi jabatan di tempat dimana kita bekerja. Sulitnya tugas dan tanggung jawab yang baru menjadi salah satu penyebab munculnya demotivasi kerja, namun di situlah tantangannya.

[Baca Juga: Alasan Mutasi Kerja]

Lantas bagaimana cara agar bisa melewati semua tantangan yang dimaksud di atas? Cukup mudah sebenarnya, yaitu dengan beberapa cara yang akan buatinfo.com kupas tuntas seperti di bawah ini.


4 Cara Menghadapi Promosi Jabatan

Seperti yang kita sampaikan di atas bahwa kita akan memberikan solusi bagaimana cara agar bisa melewati semua tantangan dan menjadi expert di role yang baru pada saat kita dipromosikan ke jabatan yang baru. Adapun cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:


1. Terima kenyataan

Pertama, terimalah kenyataan bahwa di awal jabatan baru ini, memang Anda akan mengalami kesulitan terlebih dahulu, ada phase belajar yang harus dilalui. Cukup nikmati prosesnya sebagaimana menikmati proses pada jabatan sebelumnya. Jangan sampai Anda mengingkari phase tersebut, terima kenyataan karena itu normal dalam perjalanan karier.


2. Yakin bahwa kita tidak sendiri

Langkah yang kedua dalam mengahadapi promosi jabatan adalah dengan menyakinkan diri Anda bahwa Anda tidak sendiri. Semua pasti akan merasakan hal yang sama seperti yang Anda rasakan, termasuk juga teman Anda. Coba tanyakan pada teman-teman Anda yang juga pernah mengalami promosi jabatan. Belajarlah dari mereka, walaupun tidak semuanya bisa diterapkan, namun beberapa pelajaran bisa diambil dari pengalaman mereka.


3. Belajar dari masa lalu untuk memperbaiki diri

Kepercayaan yang diberikan oleh perusahaan dengan mempromosikan diri Anda untuk menempati jabatan yang lebih tinggi adalah moment dimana Anda bisa membentuk rasa percaya diri Anda. Ingatlah bahwa jika Anda dipromosikan, maka kinerja Anda selama ini bagus. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai motivasi Anda untuk lebih bagus dari sebelumnya.


4. Pimpin diri Anda, dan motivasi diri Anda

Jika Anda menerima kepercayaan promosi jabatan, maka ini saatnya bagi Anda untuk menjadi leader yang baik. Leader yang baik mampu mengembangkan dan memotivasi teamnya.

Berarti anda juga harus mampu mengembangkan dan memotivasi diri Anda sendiri. Gunakan proses memotivasi diri Anda sendiri sebagai bagian dari pembelajaran Anda sebelum memotivasi orang lain.

Bayangkan manfaat yang akan Anda berikan kepada masyarakat, kepada organisasi Anda, kepada team Anda dan untuk Anda sendiri.


Nah itulah informasi tentang cara menghadapi promosi jabatan di tempat kerja. Dari informasi di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa pada saat kita baru menerima SK promosi jabatan, tentu kita harus menghadapi learning priode untuk menjalankan fungsi dan tugas yang baru. Dan untuk bisa melewati learning periode tersebut, yang perlu kita lakukan adalah keempat hal di atas.

[Baca Juga: Cara Menghadapi Demosi Kerja]

Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang saat ini sedang menerima promosi jabatan. Jangan lupa share informasi ini agar orang lain dapat merasakan manfaatnya. Dan jika dirasa ada tambahan informasi terkait isi dari artikel ini, silahkan tambahkan pada kolom comment di bawah. Terima kasih.

Tidak ada komentar untuk "Cara Menghadapi Promosi Jabatan di Tempat Kerja"